Legenda Candi Prambanan (Lara Jongrang)



Prabu Baka yaitu Raja Prambanan yang populer sakti. Sosoknya berbentuk raksasa yang mengerikan. Walau sosoknya berbentuk raksasa, dia memiliki anak wanita yang sangatlah cantik berwajah. Rara Jonggrang nama anak wanita Prabu Baka itu.

Syandan, Kerajaan Prambanan terserang oleh Kerajaan Pengging yang dibantu Bandung Bondowoso yang populer sakti. Bandung Bondowoso dapat menaklukkan Prabu Baka dalam pertarungan yang sangatlah seru. Prabu Baka tewas terserang senjata Bandung Bondowoso. Kerajaan Prambanan dikuasai Bandung Bondowoso.

Saat Bandung Bondowoso lihat Rara Jonggrang, dia segera jatuh hati. Ia juga melamar Rara Jonggrang untuk diperistrinya. Rara Jonggrang sebenarnya tak bersedia diperistri oleh Bandung bondowoso yang sudah membunuh bapak kandung tercintanya. Tetapi, untuk Iangsung menampiknya, Rara Jonggrang tak berani. Ia tahu kesaktian Bandung Bondowoso. Dia dapat celaka bila menampik lamaran Bandung Bondowoso yang pemarah itu. Ia lalu mencari langkah supaya urung diperistri Bandung Bondowoso. Tuturnya, " Saya bersedia engkau peristri, tetapi saya memiliki prasyarat karenanya. "

 " Apa prasyarat yang engkau kehendaki? "

 " Saya mau engkau membikinkan seribu candi serta dua sumur yang sangatlah dalam, " jawab Rara Jonggrang. " Seluruhnya itu mesti engkau kerjakan dalam semalam. Bila engkau bisa mengerjakannya, saya bersedia engkau peristri. "

Baik " Bandung Bondowoso menyanggupi keinginan Rara Jonggrang. " Saya bakal memenuhinya. '

Bandung Bondowoso mengerahkan kesaktiannya. Di panggilnya semua bala tentara makhluk gaib yang pernah dikalahkannya. Bandung Bondowoso meminta makhluk-makhluk gaib itu membantunya bikin seribu candi serta dua sumur yang sangatlah kurun waktu semalam.

Bala tentara makhluk gaib menyebutkan kesediaannya. Mereka lalu berusaha keras. Sangatlah luar umum langkah kerja mereka, sangat cepat. Candi-candi terwujud kurun waktu singkat. Jumlahnya selalu bertambah. Begitupun dengan dua sumur yang sangatlah dalam itu. Melalui tengah malam, beberapa ratus candi sudah berdiri. Dua sumur itu juga sudah dalam. Mereka selalu berusaha keras untuk wujudkan keinginan Rara Jonggrang.

Rara Jonggrang sangatlah cemas merasakan fakta itu. Menurut perkiraannya, Bandung Bondowoso bakal dapat wujudkan kehendaknya. Candi-candi selalu di buat dalam kecepatan yang mengagumkan. Dua sumur yang sangatlah dalam itu juga nyaris usai. Bergulirnya sang saat menuju fajar masih tetap termasuk cukuplah untuk Bandung Bondowoso untuk menyelesaikan pembuatan seribu candi serta dua sumur yang sangatlah dalam itu. Semakin cemas Rara Jonggrang saat merasakan jumlah candi yang di buat sudah melebihi sembilan ratus sembilan puluh candi. Lalu, apa yang perlu dikerjakannya untuk menggagalkan usaha Bandung Bondowoso?

Sesudah sesaat pikirkan langkah, Rara Jonggrang lalu bangunkan gadis-gadis Prambanan. Rara Jonggrang meminta gadis-gadis to untuk membakar jerami di lokasi Prambanan samping timur. Beberapa gadis-gadis itu disuruhnya juga untuk menumbuk padi serta menaburkan beragam type bunga yang harum baunya.

Bala tentara makhluk gaib sangatlah terkejut merasakan sinar menyemburat berwarna kemerah-merahan di samping timur. Mereka juga mencium harum aneka bunga. Semakin kaget juga mereka waktu mendengar bunyi lesung dipukul, Seluruhnya tanda-tanda itu tunjukkan bila saat pagi sudah tiba. Mereka juga bergegas pergi lantaran takut. Walau sebenarnya, sembilan ratus sembilan puluh sembilan candi sudah usai, cuma tinggal satu candi lagi untuk wujudkan keinginan Rara Jonggrang. Walau cuma tinggal satu candi lagi, tetapi Bandung Bondowoso mustahil bisa membuatnya tanpa ada pertolongan hantuan bala tentara makhluk gaib.

Tidak terkirakan kemarahan Bandung Bondowoso. Ia paham, hari masih tetap terhitung malam. Saat pagi belum datang. la juga tahu, seluruhnya itu dikerjakan Rara Jonggrang untuk menggagalkan usahanya. Terang dia menangkap keengganan Rara Jonggrang untuk diperistrinya. Dengan kemarahan yang meluap, Bandung Bondowoso juga keluarkan kutukannya. Gadis-gadis Prambanan yang menolong Rara Jonggrang untuk menggagalkan usahanya dikutuknya jadi perawan-perawan tua. Pada Rara Jonggrang, Bandung Bondowoso berujar, " Hei Rara Jonggrang! Seribu candi yang engkau minta nyaris usai, cuma tinggal satu candi lagi, Lantaran engkau sudah lakukan kecurangan untuk menggagalkan usahaku, jadi jadilah engkau arca dalam candi ke seribu! "

Saat itu badan Rara Jonggrang membatu jadi arca. Arca itu lalu ditempatkan didalam ruangan candi besar yang sampai saat ini dimaksud candi Lara Jonggrang,
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
bpk muliadi
admin
October 9, 2016 at 5:56 PM ×

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


Reply
avatar
April 10, 2017 at 6:32 PM ×

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

Reply
avatar