Legenda Rakyat Nusantara : Asal Muasal Danau Lipan



Syahdan pada zaman dulu hiduplah seseorang putri yang memimpin kerajaan yang berdiri di Muara Kaman Ulu pada zaman dulu. Putri Aji Bedarah Putih namanya.

Putri Aji Bedarah Putih sangatlah cantik berwajah. Kulitnya sangatlah putih serta bening seperti kaca. Bila Putri Aji Bedarah Putih makan sirih serta menelan airnya, jadi air sepahan itu tampak terang mengalir lewat tenggorokannya bila dipandang dari luar.

Kecantikan dan keanehan kulit badan Putri Aji Bedarah Putih menebar ke beragam negeri. Didengar Raja Cina juga. Raja Cina sangatlah tertarik untuk meminang Putri Aji Bedarah Putih. Ia lalu memerintahkan prajurit-prajuritnya untuk berlayar menuju Muara Kaman Ulu. Jung jung (Perahu besar buatan CIna yang umum dipakai untuk berlayar di lautan) besar selekasnya pergi meninggalkan negeri Cina menuju Muara Kaman Ulu.


Sesudah mengarungi lautan luas, jung-jung dari negeri Cina itu pada akhirnya tiba di Muara Kaman Ulu. Raja Cina segera menuju istana kerajaan untuk bersua dengan Putri Aji Bedarah Putih. Raja Cina semakin berhasrat memperistri Putri Aji Bedarah Putih sesudah segera lihat kecantikan muka serta keanehan kulit badan putri penguasa kerajaan di Muara Kaman Ulu itu.

Walau Raja Cina belum mengungkapkan tujuannya, tetapi Putri Aji Bedarah Putih sudah mengetahui clan mengertinya. Oleh karenanya Putri Aji Bedarah Putih berkehendak menguji sosok yang menginginkan dianya jadi istri itu. Ia lalu memerintahkan dayang-dayang istana kerajaannya untuk memberi hidangan untuk menjamu tamu agung dari Cina itu.

Aneka hidangan selekasnya di sajikan. Putri Aji Bedarah Putih mempersilahkan Raja Cina tersebut pengiringnya untuk nikmati sajian yang disajikannya.

Saat Raja Cina makan ia segera menyesap dengan mulutnya serta tak memakai tangannya. Langkah makan ini memanglah jadi rutinitas Raja Cina. Tetapi, sangatlah menjijikkan dalam pandangan Putri Aji Bedarah Putih. Langkah makan seperti itu umumnya dikerjakan hewan. Jadi, saat Raja Cina ajukan pinangannya, Putri Aji Bedarah Putih dengan tegas menampiknya. Kata Putri Aji Bedarah Putih, " Maafkan hamba, Paduka. Hamba tidak bisa bertemumikan seorang yang langkah makannya saja mirip hewan saat makan! "

Mendengar penolakan Putri Aji Bedarah Putih itu bikin Raja Cina jadi sangat murka. Ia terasa sangatlah terhina lantaran penolakan Putri Aji Bedarah Putih mengacu pada langkah makannya. Ia selekasnya kembali pada jungjungnya. Ia tak selekasnya memerintahkan beberapa prajuritnya untuk kembali pada Cina, tetapi memerintahkan seluruh kemampuan pendukungnya itu untuk menyerang kerajaan yang di pimpin Putri Aji Bedarah Putih!

Beberapa prajurit Cina selekasnya menyerbu dengan kemampuan yang mereka punyai. Beberapa prajurit pendukung Putri Aji Bedarah Putih tak dapat tinggal diam merasakan serangan itu. Jadi, perang yang dahsyat selekasnya berlangsung.

Beberapa prajurit Cina berperang dengan ganas. Mereka selalu merengsek maju. Beberapa prajurit pendukung Putri Aji Bedarah Putih sudah mengerahkan seluruh kemampuan serta kekuatan mereka untuk menangkis, tetapi serangan beberapa prajurit Cina yang datang seperti gelombang itu susah mereka tangkis. Mereka juga tertekan hebat. Banyak beberapa prajurit pendukung Putri Aji Bedarah Putih yang gugur dalam peperangan itu. Banyak juga mereka yang terluka. Kekalahan nampaknya sudah membayang di depan mereka.

Putri Aji Bedarah Putih sangatlah sedih merasakan kemampuan pendukungnya dapat diporakporandakan beberapa prajurit Cina. Putri wajahnya sangat jelita itu terasa kebingungan. Ia juga pikirkan langkah untuk menyelamatkan kemampuan pendukungnya dari kekalahan yang sudah membayang itu. Putri Aji Bedarah Putih kesusahan temukan langkah untuk menaklukkan beberapa prajurit Cina itu. Ia nyaris putus harapan. Ia juga lalu berdoa, memohon perlindungan Tuhan. Ia lalu mengambil sirih serta mengkonsumsinya sesudah berdoa. Tuturnya, " Bila benar saya ini keturunan raja sakti, jadi sepah-sepahku ini bakal jadi lipan-lipan yang bakal memusnahkan Raja Cina beserta semua prajuritnya! "

Putri Aji Bedarah Putih lantas menyemburkan sepahnya itu ke tengah-tengah peperangan. Keajaiban juga berlangsung. Sepah-sepah yang disemburkan Putri Aji Bedarah Putih beralih jadi beberapa ribu lipan besar. Hewan-hewan itu tampak sangatlah garang. Mereka selekasnya menyerang beberapa prajurit Cina.

Beberapa prajurit Cina terkejut merasakan serangan hewan-hewan aneh itu. Kemampuan mereka pada akhirnya porak poranda sesudah gigitan serta sengatan lipan-lipan besar itu mulai menyebabkan korban yang sangatlah banyak di kelompok mereka.

Raja Cina pada akhirnya memerintahkan prajuritnya yang tersisa untuk kembali pada jungjung. Mereka akan meninggalkan lokasi yang sangatlah mengerikan itu. Walau demikian beberapa ribu lipan ganas itu nampaknya tak membiarkan mereka bisa melarikan diri. Beberapa ribu lipan besar itu selalu menyerbu sampai masuk jung-jung. Raja Cina tersebut beberapa prajuritnya selalu berupaya melawan, tetapi tak berdaya juga mereka selanjutnya, Raja Cina tersebut semua prajuritnya mati mengenaskan. Jung-jung mereka juga ditenggelamkan oleh lipan-lipan ganas itu.

Berbarengan dengan matinya Raja Cina serta tenggelamnya jungjung, mendadak Putri Aji Bedarah Putih menghilang dengan cara gaib. Kerajaan yang di pimpin putri wajahnya sangat jelita itu juga ikut menghilang. Laut tempat Jung jung yang terbenam itu juga mendadak beralih jadi suatu daratan yang luas. Daratan itu juga lalu dimaksud Danau Lipan.
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
bpk muliadi
admin
October 9, 2016 at 6:01 PM ×

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


Reply
avatar
April 10, 2017 at 6:30 PM ×

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

Reply
avatar