Misteri Brigadoon, Kota yang Muncul Sehari dalam 100 Tahun



Tiap-tiap negara mempunyai narasi rakyat yang berkembang dari saat ke saat. Kisahnya jadi daya tarik sendiri untuk orang-orang lokal ataupun mancanegara. Kadang-kadang legenda yang berkembang malah jadi ikon satu bangsa. Seperti legenda Kota Brigadoon dari negara Skotlandia di bawah ini.

Desa ini terkenal orang-orang lantaran kemunculannya yang misterius. Konon Kota Brigadoon cuma nampak 100 th. sekali, itu juga kurun waktu singkat yaitu sehari. Manurut orang-orang disana, kota kecil ini terdapat di dataran tinggi Bonny Scotland yang senantiasa tertutup kabut tidak tipis sehari-hari.


Dalam cerita yang berkembang, dikisahkan bahwa pada th. 1754 kota Brigadoon mendadak menghilang dengan cara misterius tanpa ada karena. Sesudah 100 th., Brigadoon kembali nampak seperti satu era silam, tetapi anehnya penduduknya cuma jadi tambah umur sehari saja. Itu bermakna 100 th. perhitungan saat normal, sama juga dengan sehari menurut saat Brigadoon.

Orang-orang disana yakin legenda ini bukanlah isapan jempol belaka. Konon ada kawanan penggembala yang sukses lihat kota misterius itu. Waktu mencari makanan untuk ternak di dataran tinggi Skotlandia, beberapa penggembala ini mendadak rasakan situasi beralih jadi jelas serta cahaya matahari masuk ke lokasi yang umumnya tertutup kabut itu.

Di salah satu segi lembah, beberapa penggembala lihat kota yang indah dengan jalan-jalan dan bangunan seperti dalam lukisan. Mereka pada akhirnya pulang ke desa mereka serta memberitahu warga. Sayang, Saat warga desa lari ikuti penggembala itu, kabut telah keburu datang serta kembali menelan Brigadoon.

Kehadiran kota misterius ini memanglah senantiasa dinanti-nantikan. Konon siapa juga yang mujur dapat memasukinya pada hari kehadirannya bakal terasa demikian senang, seakan masuk ke taman surga.

Fenomena ini dilihat orang-orang setempat juga sebagai suatu barokah serta bukanlah kutukan. Misteri Brigadoon diakui juga sebagai kesepakatan pada manusia dengan Tuhan membuat perlindungan kota ini dari dampak jelek dunia luar.

Tetapi seiring berjalannya waktu, kota Brigadoon pada akhirnya cuma selesai juga sebagai legenda orang-orang. Beberapa pencari histori serta arkeolog yang mencari tahu perihal Brigadoon, cuma bakal temukan suatu tempat yang bernamakan Brigadoon. Tetapi bukti ada kota itu tak pernah diketemukan sampai sekarang ini.

Tetapi pada th. 1954, cerita yang melegenda di orang-orang ini mulai diadaptasikan jadi suatu film dengan judul Brigadoon. Walau beberapa menganggapnya juga sebagai narasi rakyat umum serta tak pernah ada, tetapi beberapa lagi masih tetap yakin perihal kehadiran kota itu.

Mereka memperingati tiap-tiap th. tahun sekali dengan parade pertunjukan seni serta tari di jalan-jalan. Hal semacam ini yang bikin narasi kota Brigadoon terus terwarisi setiap generasi yang ada di sana. Sering tiap-tiap perayaannya jadi daya tarik turis mancanegara.
Previous
Next Post »